Informasi Spesifikasi HP Android, Harga HP Android Murah, Kelebihan HP, dan Kekurangan HP Ter-Update

Thursday 6 July 2017

Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi Semua Tipe

Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi Semua Tipe  – Fingerprint alias sensor sidik jari merupakan teknologi yang sudah ada cukup lama. Namun, baru-baru ini mulai tenar semenjak diterapkan pada ponsel canggih. Adanya fitur pengaman baru ini, menjadi sebuah inovasi baru dan daya tarik sendiri bagi smartphone yang memiliki fitur fingerprint ini. Sebab, dengan adanya sensor sidik jari alias fingerprint ini, perangkat smartphone akan menjadi lebih aman. Hanya bisa dibuka dengan jari kita sendiri.

Smartphone yang cukup banyak menggunakan teknologi fingerprint di setiap tipenya adalah Xiaomi. Sebut saja, Xiaomi Mi Mix, Xiaomi Mi Note 2, Xiaomi Redmi 4, Xiaomi Redmi Pro, Xiaomi Mi 5, Xiaomi Redmi Note 4 dan masih banyak lagi. Akhirnya, banyak masyarakat yang lebih memilih smartphone Xiaomi. Disamping harganya yang cukup terjangkau, spesifikasi dan fitur yang ada cukup canggih. Terlebih lagi adanya fitur fingerprint.

Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi Semua Tipe

Permasalahan yang sering terjadi pada fitur ini adalah sering error alias tidak fingerprint tidak berfungsi. Memang, untuk membuka smartphone yang terkunci dengan sensor fingerprint masih tetap bisa dibuka dengan kode pin, pola, dan sandi. Namun, jika lewat fingerprint ini jadi lebih simple dan mudah. Alhasil, banyak yang mencari-cari cara memperbaiki fingerprint Xiaomi error tidak berfungsi di internet. Nah, pada kesempatan kali ini akan saya informasikan sekalian berbagi tips cara mengatasi fingerprint error tidak berfungsi pada Xiaomi.

Fingerprint yang error biasanya disebabkan karena adanya sistem yang mengalami error, bugs pada ROM MIUI yang belum sempurna, dan bisa juga karena sensor fingerprint itu sendiri. Selengkapnya berikut 5 penyebab fingerprint rusak gampang error pada smartphone. Nah, sebelum membanya pada service center Xiaomi, sobat bisa terlebih dahulu memperbaikinya sendiri dengan cara-cara berikut ini.

Cara Memperbaiki Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi


Bersihkan jari dan sensor fingerprint

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan adalah membersihkan sidik jari sobat dan sensor luar fingerprint itu. Karena jari yang berminyak atau kotor tidak bisa dideteksi oleh sistem fingerprint. Untuk itu bersihkan dahulu jari dan sensor luar fingerprint dengan kain atau tisu. Untuk jari, sobat bisa cuci tangan dan mengeringkan dengan kain.

Restart sistem Xiaomi

Jika langkah pertama belum berhasil, fingerprint masih saja error tidak berfungsi sobat bisa melanjutkan dengan langkah kedua ini yaitu melakukan restart sistem alias retart smartphone. Untuk caranya sobat bisa menekan tombol power beberapa detik hingga muncul menu restart ulang. Ini berfungsi untuk menyegarkan sistem dan merefresh sistem. Memang cara seperti ini sudah umum dilakukan, namun apasalahnya untuk mencoba.

Flash ROM Distributor ke ROM Global

Langkah selanjutnya jika fingerprint masih saja error adalah melakukan flashing ROM. Beberapa tipe Xiaomi ada yang menggunakan ROM Distributor ada juga yang ROM resmi Global stable. Seperti yang kita ketahui, ROM Distributor merupakan ROM abal-abal yang memiliki banyak kekurangan, seperti banyaknya bloatware, tidak stabil, iklan tiba-tiba, tidak mendapatkan notivikasi update MIUI dan masih banyak lagi. Nah, fingerprint yang tiba-tiba error ini kemungkinan bisa disebabkan karena masih menggunakan ROM Distributor. Sebagai catatan, ada beberap tipe Xiaomi yang ketika di flashing ROM jaringan 4G LTE akan terkunci. Untuk itu pelajari terlebih dahulu tentang flashing ROM ini.

Update MIUI ke Versi Terbaru

Mengatasi fingerprint yang error bisa juga dengan mengupdate MIUI ke versi lebih terbaru. Karena pada MIUI versi terbaru selalu ada penyempurnaan sistem, menutupi bugs yang ada pada versi lama. Untuk MIUI Xiaomi versi terbaru sekarang ini adalah MIUI 8. Pada MIUI terbaru ini telah memiliki beberapa fitur yang menarik.

Jika ternyata dari semua langkah di atas belum juga bisa mengatasi masalah fingerprint error tidak berfungsi, sobat bisa mencoba dengan cara lain yaitu menggunakan 5 cara mudah memperbaiki masalah fingerprint error tidak berfungsi. Jika ternyata hasilnya masih juga nihil, maka kemungkinan besar masalah ada pada perangkat hardware sensor. Jika sudah demikian, maka sobat harus membawa ke service center resmi Xiaomi terdekat. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share yaa...!!! Oh ya, ada tips perawatan buat sobat pengguna fingerprint agar tetap awet dan berfungsi, berikut 5 cara simpel merawat sensor sidik jari agar tidak mudah error.

TAMBAHAN : Untuk HP sobat merek Samsung, bisa gunakan cara berikut 7 cara paling mudah atasi fingerprint error Samsung semua tipe

Sumber : cusromos.com
Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi Semua Tipe Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment